Saturday 24 September 2016

membuat 1.5v joule thief charger handphone mandiri

Pastilah sebagian dari kita pernah mengalami di mana handphone yang sedang kita pakai harus non aktif karena low batt atau habis daya. Padahal saat itu kita sedang sangat memerlukan nya. Mau men charge kebetulan PLN lagi ngambek bin padam, Atau di saat kita dalam perjalanan yang jauh dari fasilitas. Contoh nya saat travelling ataupun camping mendaki gunung. Tentu power bank tak akan banyak memberi jaminan yang lebih panjang. Nah kali ini saya akan bagikan bagaimana cara membuat Power Bank yang tidak perlu di charge ulang atau power bank mandiri.Picture of Make a SUPER Joule Thief Light!

Ide membuat power bank mandiri atau charger handphone ini di dasari dari pengalaman keluarga saya yang sedang melakukan perjalanan antar pulau. Dia kebingungan saat handphone nya harus di charge ulang di tengah perjalanan. Kebetulan perjalan ini di lakukan dengan kendaraan Bis antar kota antar propinsi. Karena phonsell mati daya, jadi nya ia tak dapat di hubungi atau pun menghungi keluarga. Hal ini sempat membuat bingung semua pihak keluarga. Sudah sampai di mana ?, bagaimana keadaanya ?, tak ada berita. Eh ternyata handphone harus di relakan hilang karena tertinggal di sebuah rumah makan saat numpang mencharge. Nah tidak ingin hal ini terjadi pada yang lain, ini saya bagi caranya Membuat Charger handphone dengan 1,5v Joule Thief. Atau biar keren bisa di bilang Power Charger Mandiri.
Pertama yang perlu kita pahami adalah bahwa charger ini memiliki arus output yang kecil, sehingga mungkin akan lambat dalam mengisi battery handphone hingga full charge. Tapi alat ini bisa kita pakai seperti layak nya power bank. Yaitu sebagai source atau suplay tanpa kita menghentikan pemakaian handphone. Juga joule thief charger ini hanya menggunakan satu buah battery AA atau AAA 1,5v sebagai sumber daya nya. Sehingga bila battery habis tinggal ganti battery nya yang banyak di jual di mana mana dengan harga yang murah. Namu kita tak perlu terlalu kawatir dengan itu, sebab alat ini di jamin akan sangat irit dalam konsumsi daya. Oke langsung saja kita amati dulu skema circuit nya di bawah ini ;


Part list. 1. Ferite toroid bifilar coil 2. Resistor  680ohm,  2,2ohm 3. Transistor NPN 4. Dioda 4148 5. Dioda zener 5,1v 6. Kapasitor 100nf,  Elco 220-1000uf. 6,3v 7. Pcb ic/bolong, kabel, jack/ colokan bekas charger hp.

Dari skema joule thief charger di atas, bisa di lihat bahwa circuit ini merupakan rangkaian joule thief standar dc converter booster seperti atau bisa kita lihat di joule thief circuit yang di tambahkan transistor npn satu lagi untuk mendapatkan output Arus yang lebih besar dan modifikasi pada output agar lebih stabil . Untuk membatasi voltage yang mengalir ke phonsell, kita menambahkan sebuah dioda zener yang nilai nya di sesuaikan dengan voltage battery hand phone. Yaitu ± 5v. Sebab output dari joule thief charger ini bila tanpa zener dan beban bisa sampai 50v dc. Dan juga kita bisa mengganti diode zener 5,1v dengan dua buah led light white super bright untuk membatasi voltage yang keluar. Sekaligus bisa menjadi lampu tidur bila di gunakan dalam tenda saat camping. Jadi tidak ada daya yang terbuang kan ?.. seperti 1,5v joule thief charger phonesell yang sudah saya buat untuk mengisi battery phonesell bila terjadi pemadaman listrik oleh pln di rumah. Lumayan kan ?, bisa nge-charge HP sekaligus bisa jadi pengganti lilin untuk lampu darurat. Dan ini merupakan versi yang lebih sederhana, dan hanya menggunakan satu transistor. Penampakan nya seperti di bawah ini :

gambar 1.5v joule thief charger hand phone
Gb. Joule thief charger handphone

Keren kan ?.. kita sekaligus punya power bank dan juga lampu led darurat mandiri. Soal biaya pembuatanya murah ko', bahkan bisa gratis bila kita mau memanfaatkan komponen bekas dari circuit elektronika  lain yang sudah tak terpakai lagi.
       Tujuan dari pembuatan  gadget ini hanyalah sebagai pemanfaatan waktu dan tenaga luang dengan kreativitas yang bermanfaat. Dan tentu dalam rangka semangat hemat energy serta energy ramah lingkungan. Oleh karena itu, di anjurkan untuk memanfaatkan komponen - komponen bekas yang masih bisa di gunakan dari circuit bekas alat elektronik lain yang sudah tak terpakai lagi. Contoh nya Ferite toroid , bisa di dapat dari circuit bekas lampu hemat energy. Juga kawat tembaga untuk lilitan coil nya bisa menggunakan bekas kawat tembaga switch relay motor. Juga Resistor, kapasitor, diode 4148 dan zener serta jack ,bisa menggunakan komponen bekas charger HP yang sudah tak terpakai.
Sekali lagi saya ingin sampaikan , 1,5v joule thief charger ini memiliki voltage output yang mampu men charge phonesell , namun arus masih relatif kecil, sehingga  mengisi daya battery HP full dengan lambat. Jadi bisa kita jadi kan source  atau semacam suplay saja. Dan tentu masih perlu penyempurnaan lagi, agar bisa lebih produktif dan baik lagi ke depan nya.ingat,.. tetap semangat  !!..Dengan kreatifitas kita bisa membuat nya dengan rapi dan membungkus nya dengan box yang kita kehendaki supaya lebih portable dan unik saja.
https://1.bp.blogspot.com/-tzUcErvzrIg/VvfXkUeONUI/AAAAAAAAAdU/uaTuy1ew1IERNXwJSPQ1S8iDmNzpoNeSw/s1600/1.5v%2Bjoule%2Bthief%2Bcharger.jpg
Share:

0 comments :

Blog Artikel