Berikut Cara Agar Brosur Bisa Sukses Menarik Pelanggan
1. Perhatikan desain brosur
Karena sedang mempromosikan produk atau
jasa, maka usahakan membuat desain brosur semenarik mungkin. Sebab
tujuan anda adalah untuk menarik perhatian orang agar mau membaca
informasi yang tertera pada brosur tersebut. Kuasailah teknik desain
yang sesuai dengan brosur yang ingin disebar. Saat ini sudah banyak
aplikasi yang dipakai untuk mendesain tampilan brosur agar terlihat
menawan seperti Photoshop atau Corel Draw.
Yang terpenting sesuaikan desain dengan
target pasar yang diinginkan. Jika targetnya anak-anak, buatlah desain
yang sekiranya membuat anak tertarik. Kalau target pasarnya kebanyakan
laki-laki, usahakan jangan membuat desain yang warna dan tampilannya
tampak feminim dan sebaliknya.
Setelah yakin dengan desain brosur,
tentukan konten yang tepat. Konten atau isi brosur harus dikemas
secantik mungkin. Gunakan teknik AIDA atau Attention, Interest, Desire
atau Action. Sehingga konsumen tidak bosan ketika membacanya. Jika
desain dan konten bisa merebut perhatian target pasar, maka calon
konsumen yang tertarik pada produk atau jasa akan semakin besar.
2. Sebar di tempat yang tepat
Sebagus apapun brosur yang dibuat, tetap
saja tidak akan efektif jika tidak jatuh ke tangan yang tepat. Carilah
lokasi dimana target pasar paling banyak berada. Kalau anda bekerja
bersama dengan tim atau beberapa orang maka sebaiknya buat daftar atau
list tempat-tempat mana saja yang akan dituju. Buatlah rincian tempat
mana yang sekiranya cocok sebagai tempat penyebaran brosur. Jangan
sampai menghabiskan banyak tenaga, waktu dan biaya untuk menyebar brosur
di tempat yang salah.
3. Survey dan Evaluasi
Salah satu langkah sukses berpromosi
dengan brosur adalah melakukan evaluasi. Setelah brosur pertama
dicetak, mintalah beberapa target pasar anda untuk berkomentar tentang
brosur yang anda buat. Apakah mereka ingin membaca atau tidak. Jika
jawaban mereka positif, berarti brosur anda siap disebar dalam jumlah
yang banyak dan sebaliknya. Setelah disebar besar-besaran, lakukan
evaluasi untuk mendeteksi keberhasilan dan keefektifan promosi dengan
brosur.
0 comments :
Post a Comment