Thursday 6 October 2016

Mempercepat internet dengan DNS

[​IMG]
Saya berpikir ide yang lain. Kan sudah punya daftar panjang DNS server yang bisa dipinjam, tapi kalo di WindowsXP cuma ada 2 tempat, preferred dan alternate. Meskipun dengan setting advanced kita bisa menambahkan lebih dari 2 DNS namun tetap tidak bisa di ketahui DNS yang mana yang paling besar memberikan kontribusi. Selain itu saya juga belum tahu sejauh mana kemampuan komputer atau laptop kita dalam mencache resolve DNS.
Coba saja seandainya laptop butut saya ini bisa sekalian jadi DNS Server kecil yang bisa forward resolve dan melakukan cache. Dari berkhayal-khayal akhirnya saya memutuskan untuk mohon petunjuk dari “Mbah Google”. ‘Simbah’ mengantarkan saya pada nama ExtraDNS, software yang dibuat oleh perusahaan Extratools. Tanggal download di situs PC World sendiri menunjukkan review produk ini di add pada bulan Januari 2002 dan software ditujukan untuk win9x dan 2000.
Ya ampun, udah tua banget software ini. Di posting di situs download aja udah dari tahun 2002. Padahal jaman itu saya masih putih abu-abu. Udah gitu buat win9x dan 2000 pula. Jangan tanya lagi tampilan GUI-nya, sama WPF kalah jauh dunkz…
OK..ok..sebelum kita jelek2an lebih jauh mari kita tilik fungsinya. Dari review di PCWorld menuliskan sebagai berikut :

ExtraDNS adalah Software yang membantu kita mempercepat koneksi kita dengan menambah DNS, Bahkan ExtraDNS bisa menambah Hingga 10 DNS yang berbeda Servernya...Waw..

Software ini Sering sekali membantu saya dalam Hal Download-mendownload karna kecepatan Bisa naik Drastis Bila Software Ini Di USE.
https://forum.lowyat.net/index.php?act=Attach&type=post&id=539729
Prakteknya dikomputer saya sudah diinstall ExtraDNS ini dan benar ada peningkatan kecepatan akses. Khususnya kalau DNS yang biasa dipakai bermasalah, jadi kita bisa dengan cepat bertukar-tukar. Nyatanya nggak mungkin kan 9 DNS yang kita daftarkan rusak bersamaan?

Program ini juga sudah saya coba dikantor, sebuah komputer di pasang ExtraDNS dengan 9 DNS lalu Mikrotik router diarahkan agar memforward resolve alamat yang diterimanya ke komputer ExtraDNS. Ternyata juga berhasil meningkatkan performa secara keseluruhan. Untuk 20PC dan laptop di kantor saya si komputer ExtraDNS belum trouble dan melayani semua orang tanpa perlu ada yang mengantre. Padahal dipakai juga buat download, memutar lagu, mengcoding .NET, chat, dsb. Memorynya cuma 256MB lho, dengan processon AMD.


Setelah Mendownload Software ini, Anda membutuhkan Sedikit Configurasi Di DNS koneksi masing-masing :
Dengan Cara mengganti Dari Settingan Network & Bagi yang Menggunakan Modem GSM/CDMA Cukup dengan mengganti DNS Di settingan Profile koneksi GSM/CDMA kalian

CAra Pakai software ini termasuk mudah
  1. Instal extraDNS
  2. Aktifkan dengan keygen
  3. Atur DNS kamu menjadi 127.0.0.1
  4. selesai
Share:

0 comments :